Senin, 03 September 2018

7 Cara untuk Menurunkan Berat Badan yang Disebabkan oleh Pengobatan

Antidepresan dan steroid seperti prednison sering menyebabkan kelebihan berat badan.

Orang yang hidup dengan masalah seperti penyakit autoimun, dari Crohn ke rheumatoid arthritis (RA), atau gangguan mood seperti depresi memiliki obat yang sangat efektif di luar sana untuk membantu meminimalkan atau menghilangkan gejala mereka sehingga mereka dapat hidup dengan nyaman.

Sayangnya, beberapa obat umum untuk masalah ini - seperti prednison dan kortikosteroid lainnya, dan bupropion (Wellbutrin) dan antidepresan lainnya - memiliki efek samping yang kurang diinginkan - yaitu: penambahan berat badan.

Dan sementara Anda harus bersikap mudah pada diri Anda sendiri - Anda berjuang melawan penyakit, lagi pula - itu bisa menjadi efek samping yang membuat frustrasi.

Baca terus untuk mengetahui cara terbaik untuk menurunkan berat badan yang tidak diinginkan akibat obat yang Anda butuhkan.
Obat apa yang menyebabkan kenaikan berat badan?

Obat-obatan antipsikotik, antidepresan, dan penstabil mood adalah obat-obatan umum yang memiliki potensi untuk meningkatkan berat badan. Semua 12 antidepresan terkemuka - termasuk fluoxetine (Prozac), sertraline (Zoloft), dan escitalopam (Lexapro) - membuat berat badan lebih mungkin.

Dengan sekitar 13 persen orang Amerika saat ini mengonsumsi antidepresan - dan tanpa pilihan obat yang tidak menyebabkan fluktuasi berat - banyak orang tidak dapat menghindari risiko lebih tinggi untuk mendapatkan berat badan yang tidak sehat.

Steroid seperti prednison juga memiliki efek serupa. Steroid sering "digunakan untuk mengatasi kondisi peradangan, untuk kondisi seperti IBD, Crohn's, arthritis, lupus, dan osteoarthritis," kata Alanna Cabrero, MS, ahli gizi terdaftar di NYU Langone Health IBD Centre.

Untuk beberapa obat-obatan ini, hampir 70 persen pengguna melaporkan kenaikan berat badan sebagai efek samping.

Anda mungkin berasumsi bahwa Anda akan melihat pound meluncur langsung jika tubuh Anda sensitif terhadap efek samping ini. Namun sebuah penelitian baru menemukan bahwa itu bukan masalahnya. Orang yang memakai antidepresan paling berisiko untuk berat badan dua hingga tiga tahun dalam perawatan.

Obat-obatan yang menyebabkan kenaikan berat badan termasuk:

    Antidepresan, seperti:
        serotonin reuptake inhibitors (SSRIs) - seperti fluoxetine (Prozac), sertraline (Zoloft), escitalopram (Lexapro), citalopram (Celexa), dan paroxetine (Paxil)
        serotonin-norepinefrin (SNRI) - seperti duloxetine (Cymbalta) dan venlafaxine (Effexor)
        antidepresan trisiklik (TCA) - seperti desipramine (Norpramin)
    Kortikosteroid, seperti:
        budesonide - seperti Pulmicort dan Symbicort
        prednisone
        methylprednisolone
    Obat-obatan yang biasa diresepkan untuk gangguan bipolar dan skizofrenia, seperti:
        olanzepine
        risperidone
        quetiapine

Mengapa beberapa obat membuat tambahan berat badan lebih mungkin?

Obat-obatan seperti kortikosteroid mengubah keseimbangan elektrolit dan air tubuh, dan metabolisme.

“Obat-obatan seperti steroid menurunkan flushing tubuh dari natrium,” jelas Cabrero.

Banyak orang di laporan steroid meningkatkan lemak di perut, wajah, dan leher. Bahkan jika Anda dapat mengontrol peningkatan berat badan yang didorong steroid, mungkin terlihat lebih berat karena lemak yang didistribusikan kembali.

Peningkatan berat badan yang diinduksi oleh antidepresan terkait dengan perubahan nafsu makan. “Dengan obat untuk depresi, peningkatan nafsu makan terjadi. Secara umum, kemudian, apa pun menjadi sedikit lebih menggugah selera - dan mengidam kita biasanya tidak jatuh ke dalam buah dan sayuran. "Cabrero menunjukkan.
Cara mengontrol kenaikan berat badan yang disebabkan oleh obat-obatan

Jika Anda ingin menurunkan beberapa pound ekstra yang Anda kenakan sejak mengonsumsi obat penambah berat badan, Anda sudah berada di jalur yang benar.

Berbekal pengetahuan bahwa berat badan bertambah merupakan efek samping yang potensial, Anda dapat membuat pilihan yang lebih sadar ketika menyangkut makan dan olahraga.

"Jika Anda tahu bahwa obat-obatan ini memiliki efek samping yang potensial dari penambahan berat badan, Anda dapat mengambil langkah yang tepat untuk dipersiapkan," kata Cabrera.

Berikut adalah enam cara dia menyarankan Anda lepas landas - atau melawan - pon yang tidak diinginkan.
1. Buat pilihan sadar tentang natrium

Menghindari terlalu banyak sodium dalam diet Anda adalah pintar bagi siapa pun yang ingin makan lebih sehat. Tetapi pasien yang menggunakan steroid atau antidepresan mungkin ingin mempertimbangkan untuk memberi perhatian ekstra.

Itu berarti menghindari makanan olahan, makanan kaleng, dan makanan cepat saji, karena mereka sering dikemas dengan sodium.

“Delapan persen dari asupan natrium kita berasal dari makanan ini,” kata Cabrera. “Populasi umum di AS memiliki 3.300 hingga 3.500 mg natrium per hari, ketika seharusnya turun lebih dari 2.300 mg. Kurangi makanan ini yang memiliki banyak sodium. ”

Cabrera menyarankan Anda mempelajari cara membaca label nutrisi untuk memahami apa yang ada dalam makanan Anda.

    Untuk mengurangi berat badan, gunakan strategi yang sama yang Anda gunakan untuk mengontrol berat badan dengan atau tanpa efek tambahan obat. Pilih makanan rendah kalori seperti buah dan sayuran segar, makan karbohidrat kaya serat dan lambat dicerna, dan minum banyak air.

2. Tingkatkan potassium dalam diet Anda

Makan diet kaya kalium sangat bagus untuk orang-orang yang mencari untuk menurunkan berat badan yang diperoleh karena obat - kalium flushes keluar natrium. Dan diet kaya kalium dikaitkan dengan manfaat kesehatan lainnya, seperti mengurangi tekanan darah, perlindungan terhadap stroke, dan pencegahan osteoporosis.

Makanan yang kaya kalium meliputi:

    pisang
    ubi jalar
    alpukat
    air kelapa
    bayam
    kacang hitam
    sejenis kacang-kacangan dari Jepang
    kentang
    bit

3. Makan makanan kecil dan sering

Karena nafsu makan Anda dapat meningkat ketika mengonsumsi obat-obatan tertentu, jika Anda membiarkan hormon lapar Anda benar-benar mengendalikan makanan Anda, Anda akan makan lebih banyak.

Daripada menikmati tiga kali makan besar sepanjang hari, memecah makanan Anda menjadi lebih kecil, makanan yang lebih sering dapat membuat Anda merasa seperti Anda mengonsumsi lebih banyak kalori karena Anda memiliki sedikit waktu di antara camilan untuk menjadi lapar.

    Disarankan untuk menghindari kelaparan dengan makan enam kali sehari kecil versus tiga porsi besar.

Cabrera menyarankan Anda mencoba untuk mengintegrasikan sayuran nonstarki, atau apa yang ia sebut "makanan kaya volume," ke dalam diet Anda. “Mereka bergizi dan tidak memiliki banyak kalori,” kata Cabrera. Lakukan eksperimen di luar wortel potong-potong: cobalah sup sayuran dan salad.
4. Tetap aktif

Tetap aktif penting untuk kesehatan secara keseluruhan serta penurunan berat badan atau pemeliharaan. Tergantung pada tingkat kesehatan Anda atau gejala saat ini, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

"Tergantung pada apa yang gejala lain sedang terjadi, aktivitas fisik adalah sesuatu yang harus dilakukan," kata Cabrera. "Anda mungkin tidak aktif seperti sebelumnya, tetapi yoga ringan, berjalan, atau sesuatu di sepanjang jalur itu membantu membuat Anda tetap dimobilisasi dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan."
5. Cobalah puasa intermiten

Bagi orang-orang yang berhenti menggunakan obat-obatan, puasa intermiten dapat menjadi cara efektif untuk menurunkan berat badan, asalkan itu direkomendasikan oleh dokter Anda.

“Saya biasanya menyarankan istirahat usus. Ini adalah jendela 12 jam ketika Anda tidak makan, yang seharusnya mulai sekitar 2 hingga 3 jam sebelum tidur, ”kata Cabrera. "Banyak kali setelah makan malam, kita akhirnya mengemil makanan yang tidak bergizi, atau bahkan terkait dengan kelaparan."
6. Dapatkan kualitas mata tertutup

Tidur malam yang nyenyak dapat menimbulkan keajaiban ketika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, terutama jika Anda menggunakan steroid untuk kondisi apa pun.

"Dengan penggunaan steroid, pasien menemukan bahwa mereka tidak akan tidur nyenyak, dan itu meningkatkan selera makan Anda akan makanan manis karena Anda membutuhkan energi yang meledak," kata Cabrera.

Berikut 10 ide cara alami untuk tidur lebih baik.
7. Tanyakan kepada dokter Anda tentang pilihan Anda

Mengelola kondisi Anda adalah prioritas, jadi mungkin belum ada opsi yang menyebabkan sedikit atau tidak ada penambahan berat badan.

Namun, tanyakan dokter Anda jika ada obat alternatif atau protokol perawatan yang akan menjaga kesehatan Anda - tanpa tambahan berat badan.

Untuk orang-orang yang menggunakan steroid, tanyakan apakah dosis yang paling singkat dan paling efektif adalah kemungkinan.

Jika Anda menggunakan antidepresan, bupropion (Wellbutrin) kemungkinan kecil menyebabkan peningkatan berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar