Kamis, 25 Juni 2015

Hama

Hama adalah organisme yang berbentuk hewan yang mengganggu atau merusak tanaman, hewan atau benda yang kita miliki secara ekonomis. Suatu organisme dikatakan hama apabila kerusakan yang ditimbulkannya sudah telah merusak secara ekonomis. Suatu hewan juga dapat disebut hama jika menyebabkan kerusakan pada ekosistem alami atau menjadi agen penyebaran penyakit dalam habitat manusia. Contohnya adalah organisme yang menjadi vektor penyakit bagi manusia, seperti tikus dan lalat yang membawa berbagai wabah, atau nyamuk yang menjadi vektor malaria.

Hewan dapat disebut hama karena mereka mengganggu tumbuhan dengan memakannya. Belalang, kumbang, ulat, wereng, tikus, walang sangit merupakan beberapa contoh binatang yang sering menjadi hama tanaman. Dalam pertanian, hama adalah organisme pengganggu tanaman yang menimbulkan kerusakan secara fisik, dan ke dalamnya praktis adalah semua hewan yang menyebabkan kerugian dalam pertanian.

Pembasmi hama dan penyakit menggunakan pestisida dan obat harus secara hati – hati dan tepat guna. Pengunaan pertisida yang berlebihan dan tidak tepat justru dapat menimbulkan bahaya yang lebih besar.

Macam-macam hama:

• Hama Tanaman, yaitu hama yang mengganggu atau merusak tanaman
• Gudang, yaitu hama yang mengganggu atau merusak di dalam gudang penyimpanan
• Hama Bangunan, yaitu hama yang merusak bangunan, seperti rayap

Organisme hama dapat berupa:

• Serangga, seperti ulat, kumbang, kepik, wereng, dan lain-lain
• Mamalia, seperti gajah, babi hutan, tikus dan lain-lain
• Burung, seperti burung pipit, bondol, manyar dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar